Siapa Inspirasimu?

Sore tadi seorang teman membagikan link ini kepada saya 

Infonya sih berita ini lagi viral. Entahlah, saya gak tau juga gimana keviralannya. Tapi benar-benar ini sebuah cerita yang menginspirasi. 
Jadi cerita singkatnya, ada seorang dosen yang dari awal kuliah daring sama sekali tidak pernah menyalakan kameranya. Selalu hanya suaranya yang terdengar, padahal mahasiswanya wajib menyalakan kamera. Tentu saja ini jadi misteri bagi para mahasiswanya, mengapa si dosen tidak pernah menyalakan kamera. Namun pada suatu hari, secara gak sengaja kamera si dosen nyala, dan tampaklah kalau si dosen selama ini mengajar dalam kondisi sakit, dan harus selalu menggunakan oksigen. Dengan sengaja kondisinya, si dosen selalu saja semangat mengajar. Kameranya memang sengaja dimatikan, supaya para mahasiswa fokus pada kuliahnya, bukan pada kondisinya. 
Luar biasa yaa,,

"People don't care how much you know, until they know how much you care"
Iyes,,saya 1000 persen setuju dengan quote John Maxwell tersebut. Rasa peduli dan ketulusan yang ditunjukkan seseorang, akan jauh memberikan inspirasi dan kesan daripada sekedar kepintaran dan power belaka.

Mama papa saya dua-duanya dosen. Waktu beliau berdua masih aktif mengajar, rumah saja sudah seperti teman belajar saja rasanya. Sering sekali mahasiswa datang ke rumah. Sekedar konsultasi, pinjam buku, diskusi, dan tentu saja makan siang atau makan malam bersama-sama dengan kami. Papa saya terutama, memang orangnya detail sekali. Sekali bimbingan skripsi bisa sampai dua jam. Sampai titik koma saja diperhatikannya. Hehehe. 
Mama papa saya juga beberapa kali menjadi dosen wali. Kalau ada mahasiswanya yang sering bolos atau nilainya turun tajam, maka mama papa saya tidak segan untuk mencari tau penyebabnya. Entah mahasiswanya dipanggil, atau kadang-kadang beliau yang harus mendatangi kosannya, bahkan ke rumahnya. Bahkan suatu waktu, pernah mama saya ikut memberikan sekedar ongkos untuk membiayai kuliah sang mahasiswa,

Kejadian-kejadian tentang makna pendidikan di atas saya lalui sejak saya belum masuk bangku kuliah. Bayangan saya, memang demikianlah dunia kampus, bagaimana selayaknya hubungan antara dosen dan mahasiswa. Hehehe,,,tapi ternyata memang tidak seindah bayangan. Boro-boro mau ke rumahnya, minta nomer teleponnya saja susah bener!!! Ada yang senasib dengan saya? hehehe. 

Balik lagi ke masalah yang tadi. Pada akhirnya saya yakin bahwa rasa peduli itu yang akan sangat membekas di hati. Memberikan inspirasi. 





Komentar